Selasa, 02 Maret 2010

lari 2 jam sehari

LARI 2 JAM SEHARI

BAGI Cenceng Chery Subiansauri tiada hari tanpa olahraga. Kebiasaannya itu diakui anak keempat dari tujuh bersaudara ini dilakukan sejak masih remaja. Jenis olahraga yang kerap dilakukannya pun beragam. Mulai senam aerobik, lari, renang, dan bowling.

Dari beragam jenis olahraga itu, paling sering dilakukan ibu tiga anak ini adalah olahraga lari. Jika saat remaja kerap lari di lapangan terbuka, kini seiring perkembangan usia dan kesibukan, Chery lebih sering berlari di treadmill.

Olahraga ini dilakukannya di rumah sendiri. Sejak beberapa tahun terakhir rutin ia lakukan dua jam setiap hari. Paling sering dilakukannya pada pagi hari mulai pukul sembilan hingga pukul sebelas siang. Jika ada kesibukannya pagi hari, biasanya olahraga ini dilakukannya pada sore hari.

Menurutnya, manfaat lari di treadmill sangat banyak Di antaranya seseorang tidak mengalami resistensi 'melawan' udara atau angin, seperti ketika berlari di alam terbuka. Treadmill diakuinya juga cocok melatih kemampuan kardiovaskular, membakar lemak dan bila dilakukan dengan porsi tepat bisa melangsingkan tubuh.

"Ini disebabkan karena kalori yang terbakar di atas treadmill sama dengan kalori yang terbakar saat Anda berlatih di jalan. Treadmill cocok dijadikan alat latihan bagi mereka yang merasa kekurangan 'ruang' dan waktu untuk olahraga," ujar mantan top model Sulsel ini saat ditemui di rumahnya, Panakkukang Mas, Makassar, pekan lalu.

Ia menambahkan, dengan treadmill seseorang juga bisa memantau detak jantung lewat monitor, mengetahui kalori yang terbakar, jarak yang ditempuh, dan kecepatan berlari atau berjalan.

"Yang tak kalah penting, rutin olahraga ini juga melatih otot otot jantung dan paru-paru kita. Manfaat lainnya, bisa meningkatkan penyerapan oksigen pada darah sehingga kita bisa merasa lebih bugar dan sehat," jelasnya.

Selain treadmill, untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya, ia juga di antaranya rutin berjemur di bawah terik matahari pagi dan sauna. Berjemur dilakukannya tiga kali sepekan. Sedangkan sauna dua kali seminggu.

"Aktivitas kita ini kan banyak berada di ruang ber-AC. Sehingga untuk menjaga kesehatan kulit, kita perlu rutin berjemur. Tentu saja tidak boleh terlalu lama. Cukup 15 menit," tutur wanita yang mengaku tak punya pantangan makanan ini.

Saat masih di Jakarta atau di Bandung, tambahnya, biasanya ia juga rutin olahraga bowling. Namun sayang, hobinya itu kini tak bisa disalurkan di Kota Makassar. Hal ini menyusul, tempat olahraga bowling di kota ini telah tutup alias tak lagi beroperasi.
(jumadi mappanganro)

Tribun Timur
Lebih Interaktif, Lebih Akrab

Redaksi: 081.625.2233 (SMS), tribuntimurcom@yahoo.com, Facebook Tribun Timur Berita Online Makassar, twitter.com/tribuntimur
Sirkulasi: 081.625.2266 (SMS)
Iklan: 0411 (8115555)
( Muh Izzat Nuhung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar